Rabu, 29 Mei 2013

Tips Merawat AC



Prinsip Kerja AC ( Sumber: Wikipedia )
AC ( air conditioner ) saat ini semakin menjamur di kalangan masyarakat. Semakin padatnya penduduk dan semakin buruknya kualitas udara yang panas merupakan alasan pemakaian elektronik ini.  Selepas dari kebutuhan tersebut, mari kita kroscek positif dan negatifnya.

Menurut beberapa sumber, berikut beberapa kelebihan yang dimiliki AC
1.       Kualitas udara di dalam ruangan yang memakai AC cenderung stabil suhu dan kelembabannya. Dan kita dapat mengatur sesuai kebutuhan kita.
2.       AC pun juga terdapat filter (penyaring) udara yang menjaga udara yang Selain kelembaban, AC dilengkapi filter yang bisa menyaring udara yang menjaga udara yang keluar dari AC lebih bersih, bebas debu dan partikel lain
3.       Adapun sebagian yang sudah melengkapinya dengan anti jamur dan anti bakteri bahkan pengaturan system suhu dan kelembaban sesuai sensor
4.       Jika AC terawatt dengan baik, kualitas udara tetap terjaga. Kebocoran akan terhindar sehingga perusakan lingkungan akan lebih berkurang
Menurut beberapa sumber, berikut beberapa kekurangan yang dimiliki AC
1.       AC bekerja dalam beberapa tahap mulai dari mengisap udara, mendinginkannya lalu mengalirkan kembali ke dalam ruangan. Untuk hal tersebut, maka konsumsi energy AC tinggi.
2.       Sebaiknya pengunaan AC dalam ruang tertutup. Selain meminimalisir kebocoran CFC, beban listrik yang dikonsumsi AC juga semakin besar. Karena apabila ruangan yang menggunakan AC tidak benar-benar tertutup, AC akan terus bekerja untuk mencapai suhu dingin.
3.       Terkait CFC atau refrigerant ( Freon), AC termasuk elektronik yang menggunakan bahan tersebut). Sekidit mengingatkan akan bahaya zat ini, yaitu mampu merusak lapisan ozon, dimana lapisan ozon merupakan pelindung bumi dari bahaya ultra violet.
4.       Kecenderungan pemicu penyebab Sick Building Syndrome, karena ini terkait, kondisi udara yang dihasilkan AC, tidak hanya menuruhkan suhu tetapi mengurangi kelembaban. Simple case:  effect kulit terasa kering dan pecah pecah. Serta jika AC tidak terawat, maka kualitas udara dalam ruangan akan semakin menurun dan mempengaruhi kualitas penghuni ruangan tersebut.
Walaupun demikian, produsen AC tetap melakukan inovasi terbaru dan terbaik, hal ini dapat terlihat dari maraknya produk-produk inovasi terbaru yang lebih baik dari keluaran model sebelumnya. J

Perihal AC produk baru ataupun lama, tetap yang terbaik adalah AC yang terawat. Sebaiknya,Bersihkan filter AC setiap satu atau dua bulan sekali. Anda pun bisa melakukannya sendiri.  Apabila AC digunakan secara rutin, mungkin anda perlu lebih sering membersihkannya, Selain itu, jumlah frekuensi membersihkan AC tergantung pada kondisi debu di daerah tempat tinggal anda, kepemilikan hewan berbulu.
Berikut tips membersihkan AC
1.       Buka tutup bagian depan AC.
2.       Keluarkan filter AC yang terletak dibagian paling luar setelah membuka tutup AC. Filter ini berbentuk lembaran kasa, terletak disebelah kiri dan kanan.
3.       Bersihkan filter dengan menyiramnya dengan air bersih dan menggosoknya dengan spon halus kemudian keringkan sebelum dipasang kembali.
4.       Bersihkan dibagian luar AC, kisi-kisi maupun body indoor AC. Khususnya area yang dilewati udara yang dihembuskan AC. Hal ini dikarenakan, apabila kotor, maka debu tersebut akan ikut tersebar ke seluruh ruangan saat AC menghembuskan udaranya ke seluruh ruangan.  


Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar